Nama : Muhammad Imam Naufal JD
NIM : (1901301068)1.Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
Software engineeringMenurut IEEE, rekayasa perangkat lunak didefinisikan sebagai penerapan pendekatan sistematis, disiplin, dapat diukur terhadap pengembangan, operasi, dan pemeliharaan perangkat lunak
Artinya, penerapan teknik yang dilakukan untuk perangkat lunak. Rekayasa perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai pendekatan sistematis untuk mengembangkan perangkat lunak dalam waktu dan anggaran yang ditentukan
Rekayasa Perangkat Lunak
RPL
atau SE yaitu disiplin ilmu
yang membahas semua
aspek produksi perangkat
lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem
sampai pemeliharaan
sistem setelah
digunakan.
Perangkat
Lunak yang dibuat harus
mampu:
•Tepat waktu
•Tepat anggaran
•Meningkatkan kinerja
•Mengoperasikan prosedur
sistem dengan
benar
2. Produk Perangkat Lunak
✘Produk Generik
Sistem stand-alone standar yang diproduksi oleh organisasi pengembang
dan dijual ke pasar terbuka ke siapapun
yg membelinya. Biasa
disebut sebagai
software shrink-wrapped. Contoh : pengolah
kata (word processor).
✘Produk Pemesanan
○Sistem yang dipesan oleh pelanggan tertentu.
Dikembangkan khusus
bagi pelanggan oleh kontraktor perangkat
lunak. Contoh : Sistem
untuk mendukung proses bisnis tertentu
dan sistem kontrol
lalu lintas udara.
3. Aplikasi dari Perangkat Lunak
- Perangkat Lunak Sistem.
Suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk melayani perangkat lunak lain, seperti : kompilator, editor, sistem
operasi, utilitas, da lain-lain
- Perangkat Lunak Real-Time.
Suatu perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan, memonitor atau menganalisis kejadian (event) yang terjadi pada keadaan nyata.
- Perangkat Lunak Bisnis.
Perangkat lunak yang mengakses satu atau lebih basisdata besar yang berisi informasi bisnis, sebagai contoh sistem paypoll, sistem invetori, dan lain-lain.
- Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan.
Perangkat lunak ini banyak membantu memecahkan permasalahan di bidang astronomi, vulkanologi, automotive stress analysis, molecular
biology, automotive manufacturing, dan lain-lain.
- Perangkat Lunak Komputer Personal.
Merupakan perangkat lunak yang dioperasikan di PC contohnya seperti : pengolah kata, multimedia, DBMS.
- Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan.
Merupakan perangkat
lunak yang menerapkan algoritma nonnumerik untuk memecahkan permasalahan yang
kompleks. Contohnya seperti: perangkat lunak kecerdasan buatan, sistem pakar,
dan lain-lain.
4. Mitos Perangkat Lunak
penjelasan mengenai mitos-mitos seputar software engineering yang dapat
dibagi menjadi 3 sisi :
- 1.Mitos Manajemen:
Mitos :
Kita tidak perlu mengubah pendekatan terhadap pengembangan software, karena jenis pemrograman yang kita
lakukan sekarang ini sudah kita lakukan 10 tahun yang lalu. Realita : Walau hasil program sama, produktivitas dan kualitas software harus ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan software developments.
- 2.Mitos Customer:
Mitos : Pernyataan tujuan umum sudah cukup untuk memulai penulisan program. Penjelasan yang lebih
rinci akan menyusul kemudian. Realita : Definisi awal yang buruk adalah penyebab utama kegagalan terhadap usaha-usaha pembentukkan software.
- 3.Mitos Praktisi:
Mitos : Tidak
ada metode untuk analisis disain dan testing terhadap suatu pekerjaan, cukup menuju ke depan terminal dan mulai
coding. Realita :
Metode untuk analisis desain dan testing diperlukan dalam pengembangan software.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar