Rabu, 01 April 2020

Rekayasa Perangkat Lunak

Nama : Muhammad Imam Naufal JD 

NIM   : (1901301068)

1.Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Software engineering
Menurut IEEE, rekayasa perangkat lunak didefinisikan sebagai penerapan pendekatan sistematis, disiplin, dapat diukur terhadap pengembangan, operasi, dan pemeliharaan perangkat lunak
Artinya, penerapan teknik yang dilakukan untuk perangkat lunak. Rekayasa perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai pendekatan sistematis untuk mengembangkan perangkat lunak dalam waktu dan anggaran yang ditentukan

Rekayasa Perangkat Lunak
RPL atau SE yaitu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
Perangkat Lunak yang dibuat harus mampu:
Tepat waktu
Tepat anggaran
Meningkatkan kinerja
Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar

2. Produk Perangkat Lunak


Produk Generik
Sistem stand-alone standar yang diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual ke pasar terbuka ke siapapun yg membelinya. Biasa disebut sebagai software shrink-wrapped. Contoh : pengolah kata (word processor).
Produk Pemesanan
Sistem yang dipesan oleh pelanggan tertentu. Dikembangkan khusus bagi pelanggan oleh kontraktor perangkat lunak. Contoh : Sistem untuk mendukung proses bisnis tertentu dan sistem kontrol lalu lintas udara.

3.  Aplikasi dari Perangkat Lunak

  • Perangkat Lunak Sistem.

Suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk melayani perangkat lunak lain, seperti : kompilator, editor, sistem operasi, utilitas, da lain-lain
  • Perangkat Lunak Real-Time.

Suatu perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan, memonitor atau menganalisis kejadian (event) yang terjadi pada keadaan nyata.
  • Perangkat Lunak Bisnis.


Perangkat lunak yang mengakses satu atau lebih basisdata besar yang berisi informasi bisnis, sebagai contoh sistem paypoll, sistem invetori, dan lain-lain.
  • Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan.
Perangkat lunak ini banyak membantu memecahkan permasalahan di bidang astronomi, vulkanologi, automotive stress analysis, molecular biology, automotive manufacturing, dan lain-lain.
  • Perangkat Lunak Komputer Personal.

Merupakan perangkat lunak yang dioperasikan di PC contohnya  seperti : pengolah kata, multimedia, DBMS.
  • Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan.


Merupakan perangkat lunak yang menerapkan algoritma nonnumerik untuk memecahkan permasalahan yang kompleks. Contohnya seperti: perangkat lunak kecerdasan buatan, sistem pakar, dan lain-lain.

4.   Mitos Perangkat Lunak

penjelasan mengenai mitos-mitos seputar software engineering yang dapat dibagi menjadi 3 sisi :
  • 1.Mitos Manajemen:
Mitos :  Kita tidak perlu mengubah pendekatan terhadap pengembangan software, karena jenis pemrograman yang kita lakukan sekarang ini sudah kita lakukan 10 tahun yang laluRealita : Walau hasil program sama, produktivitas dan kualitas software harus ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan software developments.
  • 2.Mitos Customer:
Mitos : Pernyataan tujuan umum sudah cukup untuk memulai penulisan program. Penjelasan yang lebih rinci akan menyusul kemudianRealita : Definisi awal yang buruk adalah penyebab utama kegagalan terhadap usaha-usaha pem­bentukkan software.
  • 3.Mitos Praktisi:
Mitos : Tidak ada metode untuk analisis disain dan testing terhadap suatu pekerjaan, cukup menuju ke depan terminal dan mulai coding. Realita : Metode untuk analisis desain dan testing diperlukan dalam pengembangan software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar